Wedang Ovum, wedang unik dari buah lokal Pati


Kabupaten Pati merupakan kota pertanian yang sudah terkenal hasil pertaniannya diantaranya Padi, Kacang, dan juga Ikan Bandeng. Sebenarnya kota ini memiliki hasil pertanian lain yaitu buah-buahan diantaranya Buah Manggis, Kopyor/Opyor, Vanili, Ubi jalar. Tetapi petani Vanili bingung untuk memasarkan hasil pertaniannya.

Karena banyaknya hasil buah komoditi unggulan, hingga petani bingung https://www.jateng.tribunnews.com/amp/2016/02/13/petani-pati-masih-bingung-pasarkan-vanili memasarkan. Maka buah-buah tersebut dimanfaatkan dengan cara membuat minuman yang terbuat dari buah-buahan komoditi unggulan khas Kabupaten Pati, sehingga jadilah wedang ovum.

Minuman ini tercipta dari usaha meningkatkan pemanfaatan hasil pertanian buah komoditi unggulan kabupaten Pati, diantaranya buah Kopyor/Opyor, buah Vanili, Ubi, buah Manggis. 

Wedang ini bernama ovum karena Minuman ini terbuat dari beberapa buah-buahan lokal khas tak lain karena bahannya yang terbuat dari Opyor, Vanila, Ubi, Manggis. Nama makanan ini Wedang Ovum yang merupakan singkatan dari Opyor, Vanil a, Ubi, Manggis.




Komentar